Hak dan Kewajiban Penyewa Apartemen – Apartemen kini menjadi alternatif hunian yang semakin diminati masyarakat. Banyaknya jenis dan tipe unit yang ditawarkan membuat masyarkat berbondong-bondong untuk beralih pada apartemen. Namun ternyata banyak yang belum terlalu memahami konsep tinggal di apartemen dengan jelas. Termasuk tentang hak dan kewajiban dari penyewa apartemen itu sendiri.

Padahal kedua hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan Anda pada saat tinggal di apartemen nantinya. Hak akan membantu Anda untuk mendapatkan apa saja yang berhak didapatkan atas biaya sewa yang telah dibayarkan. Sedangkan kewajiban akan membantu Anda untuk mempertahankan kontrak sewa yang telah dilakukan. Berikut detail lengkapnya:

Hak penyewa apartemen

• Menerima apartemen

Satu hak paling dasar dari penyewa apartemen adalah menerima unit apartemen. Anda berhak atas unit apartemen berikut dengan isinya setelah membayar biaya sewa atau setelah memenuhi kontrak sewa yang ditetapkan pihak pemberi sewa. Sebagai ganti atas biaya sewa Anda berhak atas unit apartemen dalam jangka waktu tertentu.

Dengan demikian, pemberi sewa tidak berhak untuk meminta Anda meninggalkan unit apartemen sebelum waktu kontrak berakhir. Unit apartemen yang telah disewa juga tidak boleh ditawarkan saat Anda masih berstatus sebagai pihak penyewa. Di samping itu, Anda juga berhak untuk memanfaatkan segala fasilitas yang telah tersedia.

• Mendapatkan keamanan serta kenyamanan

Di saat Anda telah membayarkan biaya sewa dan mendiami unit apartemen, maka pihak pemberi sewa berkewajiban untuk menjaga keamanan serta kenyamanan. Apabila kedua hal tersebut tidak dapat dipenuhi maka Anda berhak untuk mengajukan keberatan atau bahkan memutus kontrak.

Hal ini bahkan telah diatur dalam undang-undang. Tepatnya pada Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1550 poin ketiga. Dalam poin tersebut dikatakan bahwa pemberi sewa wajib memberikan hak kepada penyewa untuk menikmati barang yang disewakan dengan tenteram selama berlangsungnya sewa.

Hak selalu beriringan dengan kewajiban. Begitu pula dalam konteks sewa menyewa apartemen. Di samping memahami tentang hak penyewa apartemen, Anda juga harus mengerti dan menjalankan kewajiban penyewa apartemen. Berikut ini beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh penyewa apartemen guna mendapatkan hak-haknya.

Kewajiban penyewa apartemen

• Membayarkan biaya sewa

Satu hal yang pasti jika membahas kewajiban penyewa apartemen adalah berkaitan dengan biaya sewa. Pihak penyewa apartemen dapat memperoleh hak-haknya apabila telah membayarkan biaya sewa sesuai dengan ketentuan yang diajukan oleh pihak pemberi sewa.

Jumlah biaya sewa yang harus dibayarkan ini ditentukan melalui kontrak sewa-menyewa apartemen yang dilakukan sebelum Anda menempati unit apartemen. Selain menyebutkan besaran biaya sewa, kontrak ini biasanya akan menyebutkan biaya lain yang harus Anda bayarkan.

• Membayar jaminan

Di Indonesia, hunian berjenis apartemen masih dianggap sebagai sebuah hunian mewah (luxurious), terlebih jika dibandingkan dengan rumah kontrakan atau indekos. Jadi tidak mengherankan jika tata cara menyewa apartemen pun sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis hunian lainnya.

Salah satu perbedaan yang kentara dalam tata cara penyewaan apartemen adalah adanya biaya jaminan atau deposit Biaya ini menjadi kewajiban bagi pihak penyewa dengan tujuan untuk memberi kepastian pada pihak pemberi sewa. Biaya ini biasanya digunakan saat pemberi sewa menemukan kerusakan pada unit apartemen.

• Menjaga keutuhan unit apartemen

Menyewa tentu berbeda dengan membeli. Saat menyewa Anda diharuskan untuk mengembalikan setelah kontrak sewa berakhir. Begitu pula saat menyewa sebuah unit apartemen. Anda berkewajiban untuk mengembalikan unit apartemen seperti sedia kala saat jatuh tempo pengembalian.

Hal ini dikarenakan properti yang ditinggali sementara bukanlah milik Anda. Unit apartemen yang Anda sewa tetaplah milik pemberi sewa. Pastikan untuk tetap menjaga keutuhan unit apartemen seperti saat Anda pertama kali menyewa supaya tidak dikenakan penalti yang mungkin akan merugikan.

Dengan mengetahui perihal hak dan kewajiban dari penyewa apartemen ini Anda akan mendapatkan kenyamanan selama menyewa apartemen. Anda juga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang jika dapat memenuhi segala kewajiban sebagai penyewa apartemen. Semoga bermanfaat.